SEJARAH DESA BATUNUNGGUL

  • Dibaca: 1066 Pengunjung

Desa Batununggul adalah salah satu desa di Kecamatan Nusa Penida, terletak di kota Kecamatan. Sampai dengan saat ini sejarah kelahiran Desa BATUNUNGGUL masih belum pasti kebenaranya, karena tidak ada bukti-bukti sejarah secara tertulis, tapi penuturan dari orang-orang tua yang sementara ini masih di percaya oleh penduduk Desa Batununggul dan dijadikan sumber dalam penyususunan sejarah singkat Desa Batununggul.

Konon pada jaman dulu kala tersebutlah di salah satu prasasti yang menggunakan bahasa jawa kuno dan ditulis dengan hurup aksara Bali, Desa Batununggul merupakan tempat terjadinya peperangan kerajaan yang berasal dari Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem dengan kerajan Nusa Penida (bukit mundi), dan tempat peperangan ini diletakan sebuah Batu sebagai saksi sejarah dengan posisi berdiri. Peperangan terjadi sangat seru / dasyat dengan penuh kewibawaan. Raja dari Abang sangat sombong dan angkuh, dan yakin akan bisa mengalahkan Raja di Nusa Penida dengan sangat mudah. Berbeda dengan Raja di mundi beliau sangat arif dan bijaksana, sehingga beliau hanya tersemyum waktu terjadi peperangan, karna beliau yakin akan mampu mengalah raja Abang dengan kesombonganya.

Dan akhirnya raja mundi berhasil mengalahkan raja Abang dengan tipu daya akibat kesombongan raja tersebut.Setelah perang usai untuk menghormati tempat terjadinya pertempuran tersebut raja mundi menamai desa tersebut dengan nama BATUNUNGGUL. Dimana sesuai batu yang diletakan berdiri waktu terjadinya peperangan. Batununggul terdiri dari dua kata yaitu :  Batu dan Unggul yang artinya berdiri / unggul / menang. Jadi untuk memperingati kemenangan atas raja abang maka tempat tersebut dinamai Batununggul yang artinya Batu lambang kemenangan

  • Dibaca: 1066 Pengunjung