Pelatihan dan Penyuluhan Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) dan KDRT

Administrator Berita Desa

Program Bidang Sosial yang ketiga yaitu Pelatihan Dan Penyuluhan Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) Dan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) yang dilaksanakan pada hari Rabu, 21 Agustus 2019 yang bertepatan di Balai Desa Batununggul.

Program ini merupakan program dari Desa Batununggul dan mahasiswa untuk membantu di dalam acara agar  penyuluhan Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) Dan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) berjalan dengan lancar. Dalam acara penyuluhan Penyuluhan Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Dan Kekerasan Dalam Rumah Tangga dihadiri oleh 50 peserta yaitu masyarakat Desa Batununggul.

Dalam pengertian WHO kekerasan adalah penggunaan kekuatan fisik dan kekuasaan, ancaman atau tindakan terhadap diri sendiri, perorangan atau sekelompok orang atau masyarakat yang mengakibatkan atau kemungkinan besar mengakibatkan memar/trauma, kematian, kerugian psikologis, kelainan perkembangan atau perampasan hak seseorang. Di dalam Pasal 33 UU No. 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia “Setiap orang berhak untuk bebas dari penyiksaan, penghukuman atau perlakuan kejam tidak manusiawi, merendahkan derajat dan martabat kemanusiaan” jadi setiap manusia mendapatkan kehidupan yang aman, nyaman dan tentram.

Pelatihan Dan Penyuluhan Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat bermaksud  untuk menguatkan kapasitas masyarakat untuk menyelesaikan masalahnya secara mandiri, khususnya terkait masalah Perlindungan Anak dari korban kekerasan yang diatur dalam Pasal 1 ayat 2 Undang – Undang No. 35 tahun 2014 tentang Perlindungan Anak “ Perlindungan Anak adalah segala kegiatan untuk menjamin dan melindungi Anak dan hak-haknya agar dapat hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi”. Dan didalam Undang-Undang Dasar 1945 dalam Pasal 28B ayat (2)“Setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh kembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi”.

Kekerasan Dalam Rumah Tangga adalah tindakan yang dilakukan di dalam rumah tangga baik suami, istri,maupun anak yang berdampak buruk terhadap keutuhan fisik, psikis,  dan kerharmonisan hubungan sesuai  yang termasuk dalam Pasal 1 Undang-Undang  No. 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan “ Kekerasan dalam Rumah Tangga adalah setiap perbuatan terhadap seseorang terutama perempuan, yang berakibat timbulnya kesengsaraan atau penderita secara fisik, seksual,psikologis, dan/atau penelantaran rumah tangga termasuk ancaman untuk melakukan perbuatan, pemaksaan, atau perampasan kemerdekaan sacara melawan hukum dalam lingkup rumah tangga.  .Dalam Rumah Tangga kegunuaannya untuk agar masyarakat dapat menjaga Keutuhan dan kerukunan Rumah Tangga yang berbahagia,aman,tenteram dan damai dalam Rumah Tangga. Segala bentuk kekerasan terutama Kekerasan Dalam Rumah Tangga, merupakan pelanggaran hak asasi manusia dan kejahatan terhadap martabat kemanusiaan serta bentuk diskriminasi yang harus dihapus. Kekerasan Dalam Rumah Tangga kebanyakan adalah perempuan,harus mendapat perlindungan agar terhindar dari kekerasan, penyiksaan ,atau perlakuan yg merendahkan derajat dan martabat kemanusiaan. Tujuan dari Undang-Undang No. 23 Tahun 2004 tentang “Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga” untuk mencegah segala bentuk Kekerasan Dalam Rumah Tangga, Melindungi korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga, menindak pelaku Kekerasan Dalam Rumah Tangga dan Memelihara keutuhan suatu Rumah Tangga yang harmonis dan tentram dalam berumah tangga.

Selama acara berlansung masyarakat sangat senang dan antusian dengan adanya penyuluhan ini. Harapan untuk kedepannya adalah agar masyarakat dapat memiliki kesadaran untuk menjaga rumah tangga dan masyarakat di Desa Btununggul tidak perlu takut jika mengalami kekerasan  dan  menelantarkan orang lain dalam lingkup Rumah Tangganya untuk melapor ke kepolisian di Desa Batununggul atau dinas sosial di Kabupaten Klungkug.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini. Gunakan bahasa yang santun dan komentar baru terbit setelah disetujui Admin.

CAPTCHA Image
[ Ganti Gambar ]
Isikan kode di gambar

Pengaduan Online

Peta Desa

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Sinergi Program

Prodeskel Pajak Online

Aparatur Desa

Kepala Desa SEKRETARIS DESA KAUR UMUM KAUR PEMERINTAHAN KASI KESRA KASI PELAYANAN KBD. BATUNUNGGUL KBD.KUTAPANG KAUH KBD. KUTAPANG KANGIN KBD. BATUMULAPAN UNSUR STAF

Info Media Sosial

FacebookInstagram

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Komentar Terkini